Kamis, 24 Desember 2015

KULINER TRADISI BANYUMAS

           Ketika mendengar kata Banyumas pasti yang ada di pikiran kita yaitu kuliner yang menggoda lidah, ya pastinya memang seperti itu di Banyumas memiliki banyak kuliner yang patut untuk di nikmati satu – persatu diantaranya :
            1. Soto Sokaraja 
(Sumber Foto : Google.com)

          Soto sokaraja memang berbeda dengan soto pada umumnya, soto sokaraja ini merupakan salah satu icon kuliner yang ada di Banyumas dan sangat terkenal di Jawa Tengah dan bahkan menjadi salah satu makanan yang diminati di kancah Nasional. Berbeda dengan makanan soto dari daerah lain Soto sokaraja atau yang lebih di kenal oleh orang Banyumas dengan sebutan Sroto Sokaraja merupakan salah satu makanan khas Banyumas yang patut untuk di coba. Yang menjadi ciri khas dari soto ini dengan soto pada umumnya yaitu penggunaan ketupat dan sambel yang terbuat dari kacang. Sambel kacang ini tidak terlalu pedas, sehingga walaupun kita membumbuhkan banyak sambel kacang, tidak akan terasa terlalu pedas.
Selain sambel kacang, yang menjadi ciri khas lain adalah krupuk yang digunakan yaitu krupuk cantir yang berbahan dasar dari ketela pohon. Bentuk krupuk ini hampir sama dengan krupuk untuk soto yang ada sekarang ini , berwarna merah dan putih, tetapi rasanya yang khas akan menjadi sensasi yang luar biasa dan meningkatkan selera makan kita.
Penyajian dari soto sokaraja yaitu dengan ketupat yang diiris agak kecil dan memakai daun kelapa muda untuk membungkusnya karena ketupat yang menggunakan daun kelapa muda akan memberikan sensasi rasa gurih yang sangat luar biasa, selanjutnya disiram dengan kuah soto. Sambel kacang yang digunakan sangat mirip dengan sambel kacang untuk sayuran pecel, bisa di campurkan langsung dengan kuah soto, ataupun disajikan secara terpisah. 
2. Mendoan

(Sumber Foto : Google.com)

Mendengar kata mendoan mungkin kesan kita sudah biasa dan rasanya pun seperti itu – itu saja, tapi berbeda dengan mendoan yang khas dari Kota Banyumas yang menjadi icon kuliner di Banyumas, ciri khas dari mendoan tempe Banyumas adalah tempe yang tipis dan harum karena bungkusnya yang menggunakan daun pisang maupun daun nyangkuh. Bentuknya memang lembek dan setengah matang, namun rasanya sangat empuk dan lezat sekali dipadu dengan sambal kecapnya. Ciri khas lain adalah pada tepungnya diberi daun bawang yang agak banyak sehingga rasanya juga enak dan sudah pasti baunya sangat harum, tempe mendoan khas Banyumas ini penyajiannya selalu hangat karena akan lebih nikmat ketika di makan.

0 komentar:

Posting Komentar