Minggu, 27 Desember 2015

JAJANAN OLEH-OLEH



Bicara tentang jajanan mungkin setiap kota memiliki jajanan yang khas untuk di nikmati, begitupun dengan Banyumas, Banyumas memiliki beberapa jajanan atau oleh – oleh yang wajib untuk di bawa pulang, diantaranya yaitu :

1    1. Gethuk Goreng
( Sumber : Google.com )
Getuk Goreng adalah makanan tradisional jenis getuk yang di goreng. Getuk sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dibumbui gula merah atau gula kelapa. Getuk Goreng ini merupakan jajanan khas dari daerah Sokaraja, Banyumas. Makanan satu ini sangat terkanal, sehingga Getuk Goreng ini sering di jadikan oleh – oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banyumas.
Rasa dari Getuk Goreng ini sangat unik. Rasa manis dari gula merah yang bercampur dengan rasa gurih dari singkong ini memberikan cita rasa yang khas. Selain itu teksturnya yang kenyal dan legit ini memberikan sesasi tersendiri saat kita menikmatinya. Dalam perkembangannya, kini mulai banyak inovasi rasa yang telah di kembangkan oleh para pembuat Getuk Goreng ini, diantaranya seperti rasa coklat, durian dan lain lain.
Getuk Goreng ini sangat mudah kita temukan di sepanjang jalan di Sokaraja, Banyumas. Disana banyak toko oleh – oleh yang menyediakan jajanan khas satu ini. Bagi anda yang berkunjung ke Banyumas, Jawa tengah. Maka kurang lengkap bila belum menikmati atau membawa pulang jajanan khas satu ini.
      2. Jenang Jaket
( Sumber : Google.com )
 Namanya memang Jaket, tapi tidak ada hubungannya dengan pakaian. Ini adalah makanan yang terbuat dari tepung dan juga gula melalui proses yang panjang. Tapi karena ciri khasnya, jenang jaket sudah lama menjadi makanan tradisional yang paling banyak dicari. Bahkan pada hari-hari besar (hari raya) seringkali produsen jenang jaket  menolak pesanan. Ini dikarenakan Jenang Ketan proses pembuatnnya lama dan juga membutuhkan ketekunan.
Rasanya yang gurih enak dan nikmat dan dapat menggetarkan lidah kita ketika kita mencicipinya, rasa khas dari jenang jaket Purwokerto berbeda dengan jenang ketan dari kota – kota lain, cita rasa yang khas mampu membuat kita ketagihan ketika kita mencicipinya.

Ada 2 variasi dari jenang jaket
a.       Jenang jaket biasa                                 
b.      Jenang jaket wijen

      3. Lanting
( Sumber : Google.com )
 Siapa yang tidak mengenal camilan lanting yang satu ini. Lanting merupakan makanan atau camilan khas yang berasal dari Banyumas yang mempunyai bahan baku utamanya sama seperti gethuk goreng yaitu singkong direbus lalu di haluskan setelah dikasih bumbu rempang pilihan, bentuknyaa bulat seperti angka delapan. Rasanya renyah, empuk dan sangat gurih. Sangat enak dan cocok untuk camilan atau bisa juga dimakan bersama dengan soto maupun makanan yang lainnya.
Lanting khas Banyumas memiliki 3 varian rasa yaitu, pedas, manis dan keju. Camilan ini sangat cocok untuk buah tangan atau oleh – oleh ketika kita berkunjung ke Banyumas.

      4. Kluban 
( Sumber : Google.com )
 Kluban atau biasa di sebut dengan Gudangan yaitu campuran dari berbagaimacam sayuran yang direbus lalu dicampur dengan ampas kelapa yang sudah dimasak basah dicampuri berbagai bumbu dapur, tetapi rasa pedasnya lebih dominan. Kluban merupakan salah satu makanan atau jajanan khas dari Banyumasan karena makanan ini dapat di jumpai di setiap warung makan yang ada di Banyumas, rasanya yang enak, gurih dan pedas menjadikan jajanan ini sangat cocok dimakan dengan nasi atau hanya dimakan tanpa nasi.

      5. Kepok – kepok 
( Sumber : Google.com )
 Kepok – kepok merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dimasak seperti memasak nasi tetapi memakai kukus, lalu dibuat bulatan besar dan di bumbui ampas kelapa yang di goreng atau srundeng. Dan biasanya jajanan ini disajikan bersama mendoan hangat akan terasa lebih nikmat.

0 komentar:

Posting Komentar